Categories: Technology

Mengenal Guzzu, Animator Boruto Asal Indonesia Yang Masih Sangat Muda

Serial Boruto episode 65 merupakan salah satu episode terkeren sekaligus menjadi kisah yang mengawali jalan ninja Boruto Uzumaki. Selain itu, di episode 65 ini juga kita menemukan adanya animator Boruto asal Indonesia yang turut terlibat mengerjakan proyek tersebut. 

Secara spesifik, momennya adalah saat sang ayah Boruto yaitu Naruto Uzumaki dan sahabat karibnya yang bernama Sasuke Uchiha bekerjasama untuk menghadapi Momoshiki Otsutsuki yang sudah menyerap Kinshiki. 

Di momen tersebut, mereka berdua bersatu untuk menghajar Momoshiki bersama – sama. Hal itu mengingatkan kita kembali pada pertarungan antara Naruto dan Sasuke di masa muda menghadapi Zabuza Momochi, salah satu pertarungan di Naruto yang paling diingat para fans. 

Nama yang tak asing lagi itu tentunya menarik perhatian media sosial selama tiga hari belakangan ini. Bahkan situs blog kritik animasi didalam anime yaitu Sakuga Blog memberi pujian pada bagian tersebut. 

Nah, dikesempatan kali ini akan dibahas tentang sosok animator Boruto dari Indonesia yang ikut terlibat dalam pengerjaan episode 65. Ya, ada Ida Bagus Yoga atau pemilik nama pena Guzzu yang rupanya usianya masih sangat muda. 

Di serial Boruto episode 65, Guzzu mengerjakan salah satu cut di adegan pertarungan antara Naruto-Sasuke lawan Momoshiki. 

Nama Ida Bagus Yoga alias Guzzu memang semakin dikenal di kalangan para fans anime Indonesia setelah menjadi salah satu key animator di serial Boruto episode 65. Nama Guzzu beberapa kali muncul di ending credit beragam proyek anime, contohnya di episode 6 anime SSSS.Gridman. 

Tidak banyak yang tahu jika Guzzu sebelum terlibat dalam anime Boruto, dia sudah terlibat terlebih dahulu di proyek anime melalui salah satu anime produksi Tiongkok To Be Hero Season 2. Lebih dari itu, Guzzu juga sudah banyak terlibat dalam berbagai anime barat, misalnya Castlevania produksi Netflix. 

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan via surat elektronik, Guzzu bersedia membagikan pengalamannya selama menjadi animator di negara Sakura. Dia menjelaskan proses kerjanya sebagai animator freelance di studio luar negeri. 

Selain itu, Guzzu juga mengemukakan permasalahan – permasalahan yang kerap muncul di produksi anime saat ini. Diungkapkan juga resiko kerja yang mungkin dihadapi para animator saat bekerja di studio Jepang dan memberi tanggapannya seputar komunitas Sakuga saat ini. 

Di industri animasi, Guzzu adalah seorang animator 2D. Di industri animasi, Guzzu dikenal sebagai ‘Key-animator’. Selain itu, Guzzu juga seorang Special Effect Animator (sebutan animator yang khusus membuat efek animasi seperti api, air, ledakan, dan lain sebagainya). Guzzu juga berperan sebagai Supervisor, seseorang yang bertugas untuk membenarkan atau memberikan feedback ke animator lain. Bahkan, dia juga terkadang menjadi Co-Director di Studio Yotta, Vancouver, WA, Amerika Serikat. 


Masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui apa itu animator dan pekerjaan yang dilakukannya dalam pembuatan animasi. 

Animator sendiri merupakan profesi yang cenderung menggambar, menggerakan atau menghidupkan suatu karakter kartun di layar kaca. Selain itu, ada hal lain yang bisa dikerjakan animator seperti menganimasikan api, air, ledakan, hembusan angin, gedung hancur, dan lain sebagainya. 


Baca juga: Para Wibu Harus Tahu! Inilah Film Anime Populer 2021

Anonyla

Recent Posts

Destinasi Wisata Bogor, Serunya Petualangan di Kota Hujan!

Bogor, kota yang dikenal sebagai "Kota Hujan," menawarkan pesona alam yang memesona serta beragam atraksi…

1 week ago

Tips Mengatasi Insecure, Tingkatkan Kepercayaan Diri!

Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri dan selalu meragukan kemampuanmu? Jika ya, kamu mungkin sedang…

2 weeks ago

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan, Taklukkan Mual dan Pusing!

Pernahkah kamu merasakan sensasi mual, pusing, dan ingin muntah saat bepergian? Jika ya, kamu mungkin…

3 weeks ago

Game PS1 Petualangan, Serunya Dunia Fantasi PlayStation 1

Bagi para gamer generasi 90-an, PlayStation 1 (PS1) bagaikan gerbang ajaib menuju dunia petualangan yang…

1 month ago

Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Ada Lenovo V14 G2 ITL!

Dalam era digital saat ini, laptop telah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang, mulai…

2 months ago

Laptop Gaming Terbaik, Ada Asus ROG Zephyrus!

Dalam dunia teknologi yang semakin canggih, laptop gaming telah menjadi bagian penting dari kehidupan para…

2 months ago