6 Menu Masakan Buka Puasa Ini Mudah Dibuat Dan Menggugah Selera

Berbicara tentang masakan di bulan Ramadhan, setiap orang pastinya menginginkan menu buka puasa yang berbeda beda setiap harinya, termasuk kamu? Sehingga tak jarang terkadang kamu bingung harus masak apa untuk menu berbuka puasa nanti. Tidak harus makanan mewah, karena makanan sederhana saja jika tepat mengolahnya dapat menggugah selera makanmu. Mulai dari tumisan, berbagai jenis sayur, ikan, daging, dan lainnya yang bisa menjadi menu spesial ketika buka puasa. 

Berikut dibawah ini ada rekomendasi 6 menu masakan buka puasa yang mudah dibuat dan menggugah selera : 

  1. Capcay Kuah


Dengan menambahkan udang, ayam, kuah kental, dan juga berbagai sayuran didalamnya, dijamin kondisi tubuh kamu akan kembali segar. Apalagi, setelah seharian penuh berpuasa, dimana kamu tidak makan dan minum. Capcay kuah sangat pas kamu jadikan sebagai menu buka puasa yang sehat dan bergizi.


Untuk membuatnya juga tidak terlalu susah. Kamu hanya perlu siapkan bahan bahan dan bumbu yang dibutuhkan, lalu bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan lezat untuk buka puasa.


  1. Karedok


Karedok yang memiliki rasa segar memang pas disantap saat siang hari. Namun tidak salah juga kalau kamu mau menjadikannya sebagai menu berbuka puasa. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari berbagai jenis sayuran mentah yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang pedas. 


Karedok aman dikonsumsi ketika berbuka karena terdiri dari berbagai sayuran segar. Didalam sayurannya terkandung serat, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Supaya makin nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat. Namun, jika ingin menyajikan menu ini untuk berbuka puasa, sebaiknya jangan terlalu pedas agar terhindar dari sakit perut. 


  1. Nasi Goreng


Nasi goreng tidak hanya pas disantap sebagai hidangan sarapan dipagi hari saja, namun bisa juga jadi menu buka puasa yang praktis. Memang tidak bisa dipungkiri kalau masyarakat Indonesia merasa tidak lengkap kalau tidak makan nasi.


Nasi memang menjadi makanan pokok orang Indonesia, untuk menghilangkan rasa lapar. Tidak hanya mengenyangkan, namun juga bergizi ketika kamu tambahkan berbagai makanan lain seperti bakso, daging ayam goreng, sosis, dan udang. 


  1. Ayam Rica Rica


Setelah mengkonsumsi takjil dan shalat berjamaah, tidak ada salahnya kamu cicipi masakan ayam rica rica ini, terutama bagi kamu yang suka makanan pedas. Masakan ini memang layak dijadikan menu buka puasa bersama keluarga berkat citarasa pedas dari bumbu ricanya yang dipadukan dengan gurihnya ayam. Namun, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini ketika sahur. 


BACA JUGA : RESEP UDANG SAUS TIRAM


  1. Pepes Ayam


Kamu wajib coba makanan pepes ayam ini ketika buka puasa nanti. Dengan mengkonsumsi pepes ayam, itu berarti kamu sudah mengurangi kolesterol yang terdapat pada masakan yang digoreng. Masakan ini selain bisa dijadikan menu buka puasa, namun juga bisa dijadikan menu makan sahur. 


  1. Tahu Tempe Bakar Pedas Manis


Tahu dan tempe merupakan bahan makanan sehat asli Indonesia. Daripada sekedar digoreng, kamu bisa menjadikan tempe dan tahu ini sebagai menu buka puasa yang enak dan praktis. Yaitu dengan cara membakarnya. Rasanya yang pedas manis dijamin akan membuat kamu ketagihan. 

Itulah 6 menu masakan buka puasa yang mudah dibuat dan menggugah selera. Dengan berbagai menu buka puasa yang telah diberikan, tentunya hidangn berbuka puasa kamu menjadi jauh lebih bervariasi, lezat, dan tentunya sangat baik untuk membantu kamu menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang fit dan sehat.