9 Usaha Sampingan yang Mudah dan Untung, untuk Karyawan, Simak di Sini!

Sumber: Majoo

Status sebagai karyawan di sebuah perusahaan, bukan alasan yang bisa Anda jadikan penghalang untuk menghasilkan tambahan selain gaji bulanan. Anda bisa melakukan usaha sampingan tanpa mengganggu waktu pekerjaan utama Anda.

Dan Anda juga tidak perlu khawatir akan modal, karena saat ini ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan hanya dengan modal kecil dan bahkan tanpa modal. Apa saja ide-ide usaha tersebut? Baca penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

Membuka jasa laundry

Sumber: Downy

Peluang usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal yang besar dan bahkan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Kuncinya hanya satu, yaitu lokasi usaha yang strategis.

Bagi orang-orang yang memiliki jadwal padat dan ingin praktis, jasa laundry akan sangat dibutuhkan sehingga kesempatan ini bisa menjadi ide usaha sampingan yang menjanjikan.

Jualan Online

Sumber: Lifepal

Kebanyakan orang akan lebih memilih untuk berbelanja online di zaman serba canggih ini, karena dianggap lebih praktis dan mudah. Anda bisa membuka online shop sebagai usaha sampingan Anda untu berjualan produk kosmetik, pakaian, gadget, makanan dan sebagainya.

Selain itu, ada banyak media jualan online yang bisa Anda gunakan saat ini, seperti Facebook, Instagram dan Tiktok.

Baca juga: 7 Tips Memilih Model Baju Lebaran Couple Kekinian

Jual kuota internet dan pulsa

Sumber: Pintek

Ide usaha sampingan ini adalah cara yang bisa dijalankan bahkan pada jam kerja utama Anda. Saat ini, pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan poko bagi semua orang sehingga kesempatan ini bisa Anda jadikan peluang usaha sampingan.

Berjualan hampers atau bingkisan

Sumber: Detikcom

Hampers biasanya dikirimkan untuk orang yang sedang merayakan hari besar keagamaan, sebagai ucapan ulang tahun atau acara lainnya. Hampers banyak dipesan pada wkatu tertentu dan memiliki isi yang berbeda-beda.

Ide ini bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan dan menawarkannya melalui sosial media atau rekan-rekan Anda.

Menjual foto di internet

Sumber: Mitra Bukalapak

Mungkin Anda adalah karyawan yang mempunyai hobi fotografi dan selalu membawa kamera kemana-mana. Hobi Anda ini bisa dijadikan usaha sampingan dengan menjual foto-foto hasil jepretan di situs penjual foto online.

Menjual produk perangkat lunak atau software

Sumber: BisnisHandal.com

Untuk para programmer yang hobi menciptkan sebuah software aplikasi, bisa Anda jual dan menjadi usaha sampingan. Anda bisa menargerkan kepada para pengguna smartphone, bisa berupa game maupun aplikasi lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan software yang sesuai denga permintaan klien melalui situs-situ freelancer.

Jasa pengetikan

Ide usaha sampingan ini hanya membutukan laptop dan tidak mengeluarkan modal. Anda bisa menawarkan tarif pengetikan perhalaman atau perkata, misal tarif untuk satu halaman Anda hargai sebesar Rp. 4.000.

Menjual artwork

Anda yang memiliki hobi dan keahlian dalam menggambar, bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa pembuatan karya seni dan bahkan menjual artwork yang sudah Anda buat. Usaha sampingan ini juga bisa Anda lakukan dengan menjual sketsa, wallpaper, ilustrasi dan lukisan.

Membuka tempat print dan photocopy

Usaha sampingan ini cocok Anda lakukan apabila berada dekat dengan kawasan sekolah, kampus dan perkantoran. Ide usaha ini akan sangat menjanjikan, karena ATK dan print sudah menjadi kebutuhan orang-orang.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa lain seperti pelayanan jilid buku dan sebagainya.

Penutup

Modal kecil bukan penghalang untuk Anda bisa melakukan usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ternyata, ada banyak pekerjaan sampingan yang hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet seperti yang telah disebutkan di atas.