4 Cara Cek Kartu BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Simak di Sini!

Sumber: Warta Pemeriksa

Sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui cara cek kartu BPJS Kesehatan aktif atau tidak. Sebab, jika status kepesertaannya sudah tidak aktif, maka kartu BPJS Kesehatan tersebut tidak bisa digunakan lagi. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak? Peserta BPJS Kesehatan bisa cek kartu BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online. Simak 4 cara berikut ini !

Cara Cek Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui Call Center

Sumber: Kompas.com

BPJS Kesehatan terus memperkuat layanan Call Center dengan nomor 1500 400 untuk cek kartu BPJS aktif atau tidak. Caranya yaitu :

  • Untuk cek kartu BPJS aktif atau tidak, peserta BPJS Kesehatan dapat menghubungi call center bernomor 1500 400. 
  • Jika sudah memanggil, peserta BPJS Kesehatan akan langsung terhubung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi berbagai keluhan dan beragam pertanyaan selama 24 jam. 
  • Kamu bisa menanyakan segala informasi yang dibutuhkan. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan terlebih dahulu nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP sebelum menghubungi Call Center. 

Cara Cek Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui WhatsApp

Sumber: Kabar Bali

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan informasi kepesertaan melalui pesan singkat WhatsApp. Untuk mengecek kartu BPJS masih aktif atau tidak melalui WhatsApp, peserta tinggal langsung kirimkan pesan ke nomor 0811 8750 400. Nantinya petugas akan memandu peserta untuk melakukan pengecekan data. 

Cara Cek Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui SMS

Sumber: CNBC Indonesia

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek kartu BPJS masih aktif atau tidak melalui SMS, diantaranya yaitu :

  • Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui SMS bisa dilakukan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) KTP.
  • Cara cek kartu bpjs aktif atau tidak melalui SMS selanjutnya adalah dengan menyiapkan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan).
  • Peserta juga bisa cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui SMS dengan menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai). 
  • Untuk cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui SMS selanjutnya adalah peserta tinggal memilih salah satu dari tiga format diatas, lalu kirimkan format tersebut ke nomor 08777 5500 400.
  • Setelah itu, peserta hanya tinggal menunggu sampai pihak BPJS Kesehatan memberikan balasan mengenai informasi status kepesertaan. 

Cara Cek Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui Website Secara Online

Sumber: BBC

Peserta BPJS Kesehatan juga bisa cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui secara online. Caranya yaitu : 

  • Untuk cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui website secara online, peserta tinggal mengunjungi laman resmi BPJS di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking.
  • Selanjutnya isi kolom yang tertera pada laman resmi tersebut. Mulailah dari mengisi nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan angka validasi yang sudah tertera di layar. 
  • Setelah semuanya terisi, silahkan klik opsi “Cek”. 
  • Kemudian situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan seperti identitas, status kepesertaan, jenis keanggotan, serta jumlah tanggungan anggota keluarga. 
  • Di bagian bawah, akan tertera daftar tanggihan dan tanggal pembayarannya per bulan. 

Namun, yang perlu diingat bahwa cara cek kartu BPJS aktif atau tidak melalui website secara online ini tidak selalu berhasil karena halaman BPJS Kesehatan kerap mengalami masalah. Karena itu, lebih direkomendasikan untuk cek kartu BPJS Kesehatan dengan ketiga cara yang sudah dijelaskan diatas. 

Baca juga: Ragam Makanan Khas Daerah Jambi