Langkah Mudah Membuat Bika Ambon yang Enak, Cek di Sini!

Sumber: Wikipedia

Cara buat bika ambon tidaklah terlalu sulit, apalagi jika Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahannya dengan baik sejak awal.

Bika ambon merupakan salah satu kue yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. Kue yang berasal dari kota Medan ini memang memiliki tekstur dan rasa yang unik. Bentuknya yang lentur dan bersarang membuat bika ambon begitu lembut dan enak. Selain itu, rasanya yang identik dengan aroma daun jeruk merupakan ciri khas yang tidak bisa ditemukan dalam kue jenis lainnya. 

Jika selama ini Anda menganggap bika ambon adalah kue yang sulit untuk dibuat, maka Anda sudah salah. Hampir sama dengan jenis kue lainnya, bika ambon juga cukup mudah untuk dibuat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga panganan yang satu ini bisa Anda nikmati kapan saja Anda menginginkannya. Pastikan Anda membuatnya dengan langkah yang tepat sejak awal. 

Berikut ini adalah beberapa cara buat bika ambon yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah: 

Bahan-bahannya: 

Sumber: Lifestyle Okezone

  • 220 rg tepung sagu
  • 260 gr gula pasir
  • 11 butir kuning telur
  • 260 mililiter santan kental (1 butir kelapa)
  • 55 mililiter air kelapa
  • ½  sendok teh garam
  • 16 lembar daun jeruk purut
  • ¼  sendok teh kunyit bubuk
  • Minyak sayur secukupnya
  • 2 sendok makan mentega

Bahan untuk membuat biang:

Sumber: Cookpad.com

  • 11 gr ragi instan
  • 15 gr gula pasir
  • 10 gr tepung terigu
  • 60 mililiter air hangat

Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dengan baik, agar proses pembuatan bika ambon bisa berjalan dengan mudah. Pastikan semua bahan tersebut disiapkan dalam takaran yang pas, sehingga bika ambon yang dihasilkan benar-benar enak dan sesuai dengan harapan. 

Cara buat bika ambon yang enak dan mudah untuk Anda lakukan sendiri di rumah: 

Sumber: Sweetrip Indonesia

  1. Langkah pertama adalah membuat biang terlebih dahulu. Siapkan semua bahan biang dan campurkan di dalam sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga merata, lalu diamkan bahan biang ini selama 15 menit. 
  2. Pisahkan daun jeruk dengan tulangnya, sehingga yang tersisa hanya bagian daun jeruk yang lembut saja. Campurkan daun jeruk ini dengan santan, lalu masak hingga mendidih. Pastikan Anda mengaduk santan ini selama proses memasak, sehingga tidak pecah dan hasilnya bagus. Jika sudah mendidih, sisihkan dan biarkan santan hingga dingin. Saat santan sudah benar-benar dingin, tuangkan tepung sagu dan aduk hingga merata. 
  3. Kocok kuning telur dengan gula pasir dalam sebuah wadah. Gunakan speed yang rendah saja dan pastikan gula pasir benar-benar larut dengan baik ke dalam telur. 
  4. Campurkan adonan tepung sagu dengan biang yang telah didiamkan selama 15 menit. Lanjutkan dengan menambahkan adonan kuing telur dan juga junyit bubuk ke dalamnya, lalu tambahkan margarin. Aduk semua adonan ini hingga rata, lalu diamkan selama 3 jam. 
  5. Olesi loyang berukuran 20 x 10 x 7 cm dengan minyak sayur hingga merata, lalu panaskan loyang sebentar pada oven yang telah dipanaskan. Jika loyang telah cukup panas, tuangkan adonan ke dalamnya. 
  6. Panggang adonan di atas pasir selama beberapa saat, hingga gelembung pada adonan tidak lagi muncul dan tekstur kue sudah berlubang-lubang. Selanjutnya, panggang bika ambon dengan menggunakan api atas pada suhu 190 derajat dan pastikan pintu oven dalam kondisi terbuka selama proses ini. Lakukan proses pemanggangan ini hingga bika ambon benar-benar matang.

Itulah beberapa langkah mudah dalam membuat bika ambon yang lezat, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.