Kecepatan Internet Indonesia Merosot di Akhir Tahun 2021, Jadi Urutan Berapa Ya?

Sumber: Kompasiana.com

Pada penghujung tahun 2021 lalu, kecepatan internet Indonesia merosot ke ranking 115 dari 138 negara. Padahal pada bulan sebelumnya November 2021, Indonesia menempati urutan ke 122 dalam daftar kecepatan internet global tersebut. Untuk informasi lebih lengkap terkait kecepatan internet Indonesia, berikut fakta – fakta menariknya untuk diketahui :

Kecepatan Unduh Atau Download Indonesia Sebesar 22,41 Mbps

Sumber: Tech in Asia

Sebagaimana laporan Speedtest Global Index Desember 2021 disebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat bawah kecepatan internet bersama dengan sejumlah negara lain yang didominasi negara – negara dari benua Afrika. Namun, ada pula negara – negara dari Asia dan Amerika Latin, serta satu negara dari benua Eropa yaitu Belarus. 
Berdasarkan laporan tersebut untuk kategori mobile tercatat bahwa Indonesia memiliki kecepatan unduh atau download sebesar 22,41 Mbps, kecepatan unggah atau upload 11,82 Mbps, dan latensi 37 ms. Sementara jika merujuk berdasarkan hasil perhitungan koneksi internet rata – rata, tercatat Indonesia menorehkan hasil yang lebih buruk dengan mengalami penurunan sebanyak 6 peringkat dari peringkat 107 ke peringkat 113 dengan kecepatan unduh atau download sebesar 15,44 Mbps, kecepatan unggah 9,16 Mbps, dan latensi 28 ms. 

Indonesia Terpaut Cukup Jauh Dibandingkan Dengan Negara Asia Tenggara Lain

Sumber: Borgen Magazine

Kemudian jika dibandingkan dengan negara – negara Asia Tenggara lainnya, posisi Indonesia terpaut cukup jauh. Adapun daftar peringkat dan kecepatan internet di negara – negara Asia Tenggara adalah sebagai berikut :
  • Singapura di peringkat ke 21 dengan kecepatan unduh 108,37Mbps
  • Brunei di peringkat ke 32 dengan kecepatan unduh 87,29Mbps
  • Thailand di peringkat ke 40 dengan kecepatan unduh 67,99Mbps
  • Vietnam di peringkat ke 59 dengan kecepatan unduh 47,76Mbps
  • Filipina di peringkat ke 65 dengan kecepatan unduh 42,22Mbps
  • Malaysia di peringkat ke 71 dengan kecepatan unduh 37,30Mbps
  • Laos di peringkat ke 86 dengan kecepatan unduh 32,04Mbps
  • Kamboja di peringkat ke 102 dengan kecepatan unduh 26,85Mbps
  • Indonesia di peringkat ke 115 dengan kecepatan unduh 22,41Mbps

Indonesia Mencatat Perbaikan Untuk Kategori Fixed Broadband

Sumber: Loremipsum.id

Kemudian berlanjut dalam hal performa internet, Indonesia untuk kategori fixed broadband tercatat mengalami perbaikan dengan naik satu peringkat dari posisi 116 ke posisi 117 dari 178 negara. Sementara untuk kecepatan internet rata – ratanya, Indonesia berada di peringkat ke 114 dengan kecepatan unduh 20,22 Mbps, kecepatan unggah 7,91 Mbps, dan latensi 7 ms.  Selain itu, ditampilkan juga performa kecepatan internet global oleh Speedtest Global Index Desember 2021. Untuk kategori mobile, Indonesia memiliki kecepatan unduh hingga mencapai 123,87Mbps, kecepatan unggah 68,87Mbps, dan latensi 18ms. 
Lantas, kenapa kecepatan internet di Indonesia terasa lebih lambat dari negara tetangga? Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan koneksi internet di Indonesia lambat, diantaranya karena infrastruktur yang belum memadai.Soal infrastuktur memang masih menjadi permasalahan yang belum bisa terpecahkan hingga saat ini. Sebagaimana diketahui bahwa infrastruktur ini masih menjadi permasalahan utama bagi Indonesia hampir di setiap bidang, termasuk juga jaringan internet. Kebanyakan tower yang dibangun memang sudah berumur dan membutuhkan perawatan atau sudah harus diganti. 
Selain itu, lambatnya jaringan internet di Indonesia juga disebabkan oleh pengguna internet di Indonesia yang tumbuh subur sejalan dengan pembelian smartphone. Infrastruktur yang belum memadai tidak dapat mendukung penggunaan internet yang tinggi.