Penyebab Harga MD Pictures Saham Terus Melaju di Tahun 2021, Simak di Sini!

Sumber: Alinea.id

Harga saham emiten PT MD Pictures Tbk tercatat terus melaju pada Oktober 2021 lalu. Dalam setahun terakhir, diketahui bahwa harga saham MD Pictures sempat mencatatkan level tertinggi hingga tembus Rp. 640 per saham, pada April 2021. Sementara menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), kapitalisasi pasar MD Pictures per April 2021 juga mencapai Rp. 9,51 triliun. 

Lantas, apa sebenarnya yang membuat harga MD Pictures Saham terus melaju ditahun 2021? Berikut penjelasannya.

Kinerja Berbalik Positif

Sumber: Liputan6.com

Dari sisi kinerja, MD Pictures terlihat sedang mengalami perbaikan yang berarti. Menurut laporan keuangan, MD Pictures berhasil membukukan penjualan hingga mencapai Rp. 126,41 miliar pada kuartal kedua tahun 2021. Hal itu berarti perusahaan mengalami pertumbuhan penjualan hingga 122,6 persen secara tahunan. 

Jika merincinya berdasarkan segmen, maka pendapatan penjualan film perusahaan MD Pictures yang berkontribusi terbesar tumbuh hingga 165,8 persen menjadi Rp. 112,85 miliar. Kemudian, pendapatan perusahaan juga meningkat dari hasil penyewaan alat shooting yang tembus hingga 12,7 persen. Namun sayangnya, pendapatan perusahaan dari sewa bangunan masih menurun 11,4 persen. 

Penjualan film MD Pictures juga masih ada rinciannya. Menurut laporan keuangan, penjualan film MD Pictures dari kanal digital tumbuh signifikan 442,7 persen. Penjualan film dari stasiun televisi pun tumbuh hingga 99,4 persen, sementara penjualan film dari layar lebar masih menurun 81,3 persen. 

Baca juga: Rekomendasi Jam Tangan Minimalis Pria

Dengan posisi penjualan film seperti itu, MD Pictures memiliki pemasukan utama dari penjualan film digital dengan kontribusi hingga mencapai 84,3 persen. Padahal, pada periode yang sama tahun 2020 porisi penjualan film digital perusahaan hanya 34,6 persen. Sementara, kontribusi penjualan film layar lebar MD Pictures awalnya 30,5 persen menjadi hanya tersisa 2,6 persen saja. 

Di periode yang sama, MD Pictures juga menangguk laba bersih hingga mencapai Rp. 34,6 miliar. Kondisi tersebut berbanding terbalik dari sebelumnya yang menderita kerugian Rp. 33,9 miliar. Laba MD Pictures pun melampaui sebelum era pandemi (per semester satu 2019) sebesar Rp. 20,7 miliar. 

Manoj Punjabi selaku Direktur Utama MD Pictures mengungkapkan bahwa meski tengah berada di situasi bisnis yang menantang akibat pandemi, namun perusahaannya mampu mencetak laba secara pesat. Menurutnya, pencapaian tersebut karena perusahaan bergerak cepat dalam merambah pasar dan format baru bisnis hiburan terutama media digital streaming. 

Saat ini, MD Pictures telah menjadi produser sekaligus distributor terkemuka format hiburan yang menjalin kerjasama dengan sejumlah platform antara lain Disney+Hotstar, WeTV dan Iflix, serta Viu. 

Prospek

Sumber: Alinea.id

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Reza Priyambada memberikan pendapat bahwa kenaikan MD Pictures Saham dalam beberapa waktu terakhir ditahun 2021 kemungkinan besar karena sudah dibuka kembali sejumlah bioskop. 

Meskipun pembukaan sejumlah bioskop bisa memberikan dampak pada sentiment positif, namun menurut Reza, hal itu belum tentu sudah berimbas juga ke kinerja mereka. Karena masyarakat membutuhkan waktu untuk terbiasa kembali menonton film di bioskop apalagi jika harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Menurut Reza, prospek MD Pictures Saham untuk kedepannya akan sangat dipengaruhi oleh kinerja perusahaan tersebut. Apalagi, jika MD Pictures mampu melakukan transformasi dengan merambah ke banyak platform digital untuk mendistribusikan mereka. Hal itu pun tentu memanfaatkan peluang masyarakat yang semakin gemar menonton film di platform digital lantaran normal baru pandemi. 

Baca juga: Kecepatan Internet Indonesia Merosot di Akhir Tahun 2021